BURNI KELIETEN

05.39 / Diposting oleh KOPI GAYO Shop /
Obyek Wisata Burni Kelieten Kabupaten Aceh Tengah

Jika berdiri di Singah Mata, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, disana kita akan melihat panorama yang sangat indah Danau Laut Tawar yang terbentang, tanpak di sebelah utara puncak gunung Burni Kelieten. Menyapa tiap yang datang ke Takengon, Kota dingin Kabupaten Aceh Tengah.

Buni Kelieten adalah salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, Bur Kelieten selain memiliki wisata yang bagus, kalau kita memandang dari atas puncaknya dapat melihat kawasan wisata yang ada di Takengon, khususnya Danau Laut Tawar.

Burni Kelieten berasal dari kata dalam bahasa Gayo adalah Burni artinya Gunung, Sangkan Kelieten artinya kelihatan, jika diterjemahkan maka artinya adalah gunung yang kelihatan. Dimasa zaman penjajahan Belanda, warga setempat sering menyebut-nyebut kelihatan.

Dipuncaknya terdapat Pilar, dibangun Tentara Belanda, “Pada saat itu, masayarakat dijadikan sebagai buruh, satu persatu batu dingkut dari dasar gunung untuk membangun sebuah Pilar”, Cerita tersebut diambil dari cerita legenda masyarakat setempat.

Puncak gunung Burni Kelieten memiliki ketinggian sekitar 2930 Meter dari atas permukaan laut. Mendaki puncaknya selain membutuhkan nyali besar dan fisik yang kuat. Rutenya hanya setapak, melintas dengan satu arah dari Air Terjun Mengaya, Kecamatan Laut Tawar.

Menuju puncak Bur Kelieten, yang pertama kali dijumpai Atu Pendelamen (Batu Penjilatan), Atu Gutul (Batu Gundul), Atu Kukuren dan Gua Sara Kampung, Gua ini terletak di arah kiri. Dari cerita legenda masyarakat, pada masa DI-TII dahalu, gua ini digunakan sebagai tempat berlindung masyarakat sekitar untuk menghindari konflik bersenjata saat itu.

Berjarak sekitar 50 meter, selanjutnya akan ditemukan Atu Merpati dan Genting. “Kalau kawasan ini memiliki cerita misterius. Jika berniat baik menju kawasan itu, biasanya para pengunjung akan menemukan Taman Aulia (Hamparan bunga yan menawan). Namun jika niatnya tidak baik, taman Aulia yang sarat mistis tersebut tidak bisa dijumpai. Taman Aulia adalah sebuah taman hamparan anggrek indah di atas puncak Burni Kelieten.

Dari data Dinas Pariwisata Aceh Tengah, wisata yang dikelola oleh Pemkab itu diantaranya:

Serta pengembangan objek wisata:
Label:

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar